Sidebar Menu

Tips Umum Mempelajari Freestyle Soccer

Gunakanlah bola dan sepatu dengan standar internasional atau original, memang tidak murah, namun itu merupakan investasi awal yang sangat berharga karena awet dan tahan lama serta dapat memperkuat pergerakan dari trik-trik freestyle.

Gunakanlah sepatu sejenis sepatu bola atau futsal, yang memang didesain untuk bermain bola. Dan carilah yang permukaan atas sepatunya datar atau ceper agar memudahkan untuk juggling bola.

Untuk pakaian tidak terlalu dipermasalahkan, yang terpenting kita nyaman memakainya. Usahakan tidak menggunakan celana yang membuat kaki kita sulit untuk bergerak lincah, seperti celana jeans, dll.

Buatlah jadwal latihan yang rutin setiap hari apabila ingin menjadi freestyler yang hebat. Tidak perlu memaksakan diri, minimal cukup 1 jam saja dalam sehari asal rutin, dari pada berlatih berjam-jam tetapi tidak rutin dalam seminggu. Luangkan waktu di pagi dan sore hari untuk berlatih.

Untuk freestyler pemula, berlatih trik freestyle soccer memang agak sulit, perlu mencoba berkali-kali agar mahir dalam melakukannya. Usahakan kita tetap fokus dalam berlatih suatu trik, apabila masih belum berhasil, coba lakukan terus sampai bisa, jangan kemudian beralih ke trik yang lain. Jangan putus asa!

Jangan pernah putus asa apabila selalu gagal, coba terus dan coba terus. Sering-seringlah menonton video freestyle, agar otak dan insting freestyle kita berjalan, karena akan berguna bagi refleks tubuh kita dalam freestyle soccer.

INGAT! Sebelum berlatih, lakukanlah pemanasan dan peregangan tubuh terlebih dahulu, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada tubuh kita. Peregangan tubuh berguna untuk kelenturan gerak tubuh kita dalam berlatih freestyle soccer.

Tips Mempelajari Upper Style

Mempelajari upper style tidak memerlukan tempat khusus seperti berlatih airmoves yang memerlukan tempat yang lebar. Berlatih upper bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, di dalam rumah, kamar, kelas, kantor, dll. Sehingga kita bisa mengisi waktu luang kapan saja untuk berlatih upper.

Untuk freestyler permula, berlatihlah dari trik headstall terlebih dahulu. Untuk pertama kali memang sulit mempelajari trik ini, karena membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan tubuh. Lakukanlah dengan menggunakan tangan terlebih dahulu, setelah mahir, baru kemudian melalui kaki. Cobalah berulang-ulang, sampai benar-benar mahir. Semakin sering mencoba maka akan semakin mahir.

Apabila kita telah mahir dan mengerti tentang konsep headstall, maka selanjutnya akan mudah untuk mempelajari trik-trik upper lainnya. Hanya perlu mencobanya berulang-ulang dan terus menerus secara konsisten.

Tips Mempelajari Lower/Airmoves Style

Untuk freestyler pemula, berlatihlah dari tehnik dasar dulu, yaitu tehnik juggling. Usahakan kedua kaki kita mampu menguasai bola, tidak hanya sebelah kaki saja. Cobalah juggling bola dengan kedua kaki, kemudian kaki kanan saja, dan kemudian kaki kiri saja secara terus menerus, sampai kedua kaki terbiasa dalam juggling bola.

Cobalah berlatih juggling minimal 1 jam dalam sehari selama 1 bulan, apabila sudah sangat mahir baru kemudian berlatih trik yang lain. Berlatihlah dari trik-trik novice terlebih dulu, seperti ATW, HTW, CO, dll. Karena trik-trik tersebut merupakan dasar dari trik-trik advance seperti MATW, TATW, AATW, dll.

Apabila kita sudah mahir melakukan berbagai macam trik, cobalah untuk menggabungkan trik-trik tersebut tanpa men-juggling bola. Maka kita akan menghasilkan combo. Lakukanlah combo-combo kecil terlebih dahulu, seperti ATW+HTW, ATW+CO, CO+HTW, dll. Kemudian setelah mahir, lakukanlah combo yang lebih panjang lagi, maka akan menghasilkan gerakan yang indah.

Untuk mendukung performa kita, selain berlatih trik-trik freestyle, kita juga perlu melatih fisik kita, karena combo yang panjang sangat membutuhkan stamina dan ketahanan tubuh. Fitness dapat menjaga kebugaran dan meningkatkan stamina tubuh kita. Minimal cukup dilakukan 1x seminggu secara rutin selama 1 bulan.

Refleks tubuh kita sangat penting untuk melakukan trik-trik freestyle terutama airmoves style, kita dapat melatih refleks tubuh kita, terutama di bagian kaki dengan cara melakukan gerakan freestyle tanpa menggunakan bola. Lakukanlah berulang kali, walaupun kelihatannya aneh, namun akan sangat berguna nantinya.

Gunakanlah power ankle dikedua pergelangan kaki kita sambil melakukan gerakan freestyle tanpa bola, itu akan menambah kekuatan kaki kita. Contoh, agar ingin memperbanyak jumlah ATW kita, gunakanlah power ankle sambil melakukan gerakan ATW tanpa bola berkali-kali. Maka kaki kita akan menjadi lebih kuat dan terbiasa dalam melakukan ATW.

Tips Mempelajari Sitdown Style

Airmoves dan sitdown style memang memiliki konsep yang sama, namun memerlukan latihan khusus untuk melakukan trik-trik sitdown style. Sama seperti airmoves style, untuk pemula sebaiknya berlatih dari tehnik dasar terlebih dahulu, yaitu juggling bola dengan posisi duduk. Walaupun kita sudah mahir dalam juggling dengan posisi berdiri, namun belum tentu kita mahir dalam juggling dengan posisi duduk.

Untuk pemula, sebaiknya berlatih sitdown style di tempat yang agak sempit, agar apabila bolanya terpental kemana-mana kita tidak terlalu repot mengambilnya.

Setelah kedua kaki mahir dalam juggling bola dengan posisi duduk, cobalah trik-trik dasar airmoves style yang dapat dilakukan dengan posisi duduk. Usahakan latih kedua kaki anda secara seimbang, agar nantinya menghasilkan gerakan yang lebih dahsyat.

Sama seperti airmoves style, refleks tubuh kita sangat penting untuk melakukan trik-trik sitdown style, kita dapat melatih refleks tubuh kita di bagian kaki dengan cara melakukan gerakan sitdown style tanpa menggunakan bola. Lakukanlah berulang kali, walaupun kelihatannya aneh, namun akan sangat berguna nantinya. Gunakanlah power ankle dikedua pergelangan kaki kita sambil melakukan gerakan sitdown style tanpa bola, itu akan menambah kekuatan kaki kita.

Tips Mempelajari Groundmoves Style

Mempelajari groundmoves style memang susah susah gampang, salah satu kuncinya adalah, pelajari gerakan tersebut secara teori, kemudian praktekkan dengan perlahan, setelah itu cobalah berkali-kali agar kaki kita terbiasa dengan gerakan-gerakan groundmoves style sehingga memudahkan kita untuk mempelajari gerakan groundmoves style yang lainnya.

Tips Mempelajari Blockmoves Style

Bola yang cocok untuk melakukan gerakan blockmoves style adalah bola yang dapat menempel erat di kulit agar tidak mudah jatuh ketika sedang melakukan gerakan blockmoves style.

Tips Rahasia!

Tanamkan motivasi yang kuat pada diri kita selama berlatih freestyle soccer. Motivasi yang kuat membuat kita semakin bersemangat untuk memperdalam ilmu freestyle soccer. Faktor utama yang dapat menambah motivasi kita terhadap freestyle soccer yaitu adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari freestyle soccer itu sendiri, contohnya adalah apabila kita menjadi freestyler yang hebat maka:

  1. Semua orang akan kagum kepada kita.
  2. Disegani dan memiliki kedudukan dimata teman dan masyarakat.
  3. Terkenal dan banyak dikenal orang.
  4. Tawaran untuk perform akan datang silih berganti.
  5. Performances sama saja bermain-main tapi dapat uang.
  6. Berpotensi untuk menjadi bintang iklan suatu produk.
  7. Badan menjadi tinggi tanpa menggunakan obat.
  8. Senantiasa sehat dan bugar.
  9. dll.

Itu hanyalah sebagian kecil dari manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita sungguh-sungguh dalam menekuni freestyle soccer.

“Tapi, jangan jadikan freestyle soccer menjadi prioritas utama, jadikanlah sebagai selingan tetapi tetap sungguh-sungguh dalam melakukannya. Kewajiban kita untuk menuntut ilmu dan sebagai mahluk sosial dan umat beragama tetap nomor satu!”